CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Jumat, 14 Agustus 2009

Tutorial Membuat Virtual Computer Menggunakan VIRTUALBOX

Virtual Computer adalah sistem komputer buatan yang bisa dijalankan pada sebuah komputer yang telah memiliki Operating System yang di install di hardisk. dengan menggunakan virtual computer ini, kita bisa menginstall berbagai macam operating system seperti berbagai versi Windows dan varian Linux, dan bisa dijalankan pada komputer yang sama yang sedang menjalankan Operating System utama yang terinstall di hardisk. Dengan menggunakan Virtual Computer ini, kita bisa bereksperimen dengan berbagai macam operating system dan software tanpa takut merusak system yang terinstal pada operating system utama.

Misalnya, komputer kita telah terinstall MS Windows XP dn berbagai macam software, terus kita penasaran ingin mencoba Linux Ubuntu versi terbaru (saat ini UBUNTU telah sampai versi 8). Tetapi kita belum berani menginstall di komputer kita untuk dijadikan dual booting OS karena takut merusak system dan data yang telah ada (apalagi jika komputer punya kantor). Nah denganmenggunakan Virtual Computer maka kita bisa menginstall Linux dan mengopreknya sesuka hati.

virtual box ada versi untuk windows dan linux, sehingga bagi kita yang menggunakan linux juga dapat melakukan virtualiasai windows pada sistem operasi linux kita (windows on linux). bagi yang ingin terbebas dari massalah legal bisa menggunakan ini karena windowsnya hanya seperti menggunakan aplikasi. dan meskipun virtual untuk masalah performa tidak kalah seperti komputer asli. karena kita sendiri yang mengatur berapa besar memori yang digunakan,besar hardisk dll. sehingga kita bisa melakukan installasi program yang biasa ada pada komputer misal adobe dreamweaver,photoshop,visual studio dll. saya sendiri menggunakan linux dan menginstall virtual box yang saya isi windows untuk keperluan kuliah.

Tutorial kali ini akan membahas membuat Virtual Computer untuk di install Linux Operating System varian DAMSMALL LINUX yang hanya membutuhkan spasi 50 MB. Dan kita hanya menggunakan file ISO nya saja tanpa menuliskannya ke hardisk. Jadi seperti menjalankan Linux live on CD mirip UBUNTU live CD dan KNOPPIX live CD. Cuma jika kita menggunakan Virtual Computer, DAMSMALL LINUX ini bisa dijalankan di atas Windows yang telah kita install. Berikut langkah-langkahnya :

1. Lakukan Download

VIRTUALBOX secara gratis di

http://www.filehippo.com/download_virtualbox/

DAMNSMALL Linux ISO di

http://www.damnsmalllinux.org/download.html

2. Lakukan instalasi standar seperti biasa (ikuti saja klik next dan next)

3. Jalankan VIRTUALBOX, dan isilah Registration Form dan klik Confirm

clip_image002clip_image002[7]

4. Klik tombol NEW, klik NEXT. pada menu Create New Virtual Machine, isikan Name (misal DAMNSMALL LINUX) dan pilih OS Type (misal, Linux 2.4). Kemudia klik Next.

clip_image002[10]clip_image002[12]

5. Pada menu Memory, tentukan kapasitas Memory (RAM) yang akan digunakan pada Virtual Computer (misal saya alokasikan sebesar 128 MB karena kapasita RAM komputer saya sebesar 512 MB). Lalu klik Next. Kemudian pada menu Virtual Hardisk pilih No Hardisk. Sebab kita hanya akan menggunakan file ISO dari DAMNSMALL Linux, tanpa menuliskannya di hardisk kita sehingga tidak mengurasi space hardisk. Lalu klik Next.

clip_image002[14]clip_image002[16]

6. Setelah muncu halaman utama VIRTUALBOX, klik Settings. Lalu pada sub menu CD/DVD-ROM beri ceklist Mount CD/DVD Drive. Dan klik ISO Image File, lalu lakukan browse untuk mencari file ISO DAMNSMALL Linux yang telah di download pada langkah pertama. Lalu klik OK

clip_image002[18]clip_image002[20]

7. Lalu akan muncul halaman utama VIRTUALBOX kemudian klik START. Akan muncul Opening Screen DAMNSMALL LINUX dan kita siap mengeksplorasi dan bermain-main dengan LINUX. Anda juga bisa mencoba varian Linux lain dengan mendownload atau membeli CD Linux kemudian mengkonversikannya menjadi ISO Image menggunakan NERO Burning ROM

image clip_image002[22]

Selamat Mencoba. Semoga bermanfaat

dikutip dari http://isparmo.web.id




0 komentar: