CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Senin, 01 Juni 2009

Free Multimedia Player Alternative Windows

Diantara banyak pilihan media player komersial di Windows, ternyata ada banyak juga pilihan media player free yang sangat bagus! Anda samasekali tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli media player, karena free media player lebih dari cukup untuk memutar semua audio/video bahkan beberapa fitur yang dimiliki player komersial. Silakan simak daftar free multimedia player berikut untuk memilih yang paling cocok dengan anda:

  1. Cowon JetAudio BasicMultimedia player yang sangat bagus untuk ukuran freeware. Termasuk Media Center, anda bisa menikmati rasanya sebuah Media player all-in-one. Fungsi rip cd, burn cd, convert audio/video, recording, play many audio/video, dukungan codec yang lengkap, skin yang banyak dan keren, timer dan tanggal sekaligus alarm, tampilan indah, fitur standar player (seperti FX, pitch control, speed, A-B repeat, repeat, equalizer, dll), dukungan internet radio, bookmark, synchronizing dengan hardware media player, music store, file explorer sendiri, dan banyak lagi fitur lainnya. Inilah FMP pilihan saya. Download JetAudio
  2. iTunesSebuah FMP yang kesohor jebolan Apple, yang terkenal karena merupakan bundle dari MacOSX yang juga kesohor itu. Tampilan, sudah tak perlu diragukan lagi bagusnya. Soal fitur juga lebih dari standar, karena iPodlah pelopor Podcasting tentu saja dukungan podcastnya amat luas. Audio dan video semuanya didukung, meski beberapa codec tidak dimilikinya. Otomatis menginstall QuickTime, dan memiliki banyak fitur pelengkap lainnya. Sayangnya iTunes berat, installernya saja besar (>60MB), dan kurang nyaman digunakan. Download iTunes
  3. MediaMonkeyAudio player yang bagus, cukup lengkap dan setara dengan Winamp. Alternatif baik untuk anda yang bosan dengan Winamp. Pembacaan tag yang baik, fitur podcast subscribtion, library yang intuitif, internet radio, rip dan burn CD, dan lainnya membuatnya sedikit lebih unggul daripada Winamp. Agak memakan resource, namun cukup baik untuk memutar audio.
  4. Media Player ClassicSebenarnya jika menyangkut urusan codec, MPC adalah pemenangnya. Apalagi jika diinstall dari K-Lite Codec Pack, rasanya anda tidak perlu lagi menginstall codec baru untuk periode beberapa waktu ke depan. MPC adalah player yang enteng, begitu dieksekusi, program akan langsung tersedia dalam tempo 1-2 detik. Tidak memakan banyak resource seperti FMP lainnya. Belum ada dukungan skin, jadi anda harus bersabar karena tamplannya memang tidak semewah kompetitornya. FMP opensource ini patut diinstall karena codec yng lengkap dan sangat hemat resource. Disarankan memakainya daripada player lain jika menginginkan penghematan resource. Download MediaPlayerClassic
  5. WinampLucu jika penggemar multimedia Windows tidak mengenal Winamp. Aplikasi dari Nullsoft ini begitu berjaya, dan seakan tidak ada bandingnya. Sederhana dan memanjakan pengguna, meskipun tidaklah selengkap yang lainnya. Sangat populer untuk mereka yang cuma perlu memutar MP3 saja, tanpa video atau embel-embel lain. Kini Winamp semakin kompleks, makin bagus, dan dukungan codec ditambah. Skin bento yang baru juga memberikan nuansa beda yang segar. Fitur-fitur standar winamp masih melekat diantaranya Library, playlist, equalizer, dan beberapa tambahan lain. Cukup baik meski jika dibandingkan yang lain Winamp masih tertinggal. Terutama di bidang efisiensi resource.
  6. SMPlayerMedia player open source yang cukup baik. Codecnya cukup lengkap, termasuk DVD dan MOV. Tampilan sederhana, lucu, dan memiliki fitur simpan setting setelah aplikasi dimatikan. Sayangnya SMPlayer lambat, startnya juga lama. Bukan termasuk FMP favorit, namun patut dicoba.
  7. KMPlayerFMP dari Korea yang cukup bagus. Skin defaultnya mengingatkan kita pada Winamp. Dukungan luas untuk codec, setara dan bahkan lebih baik dari SMPlayer. Sangat kaya option yang bisa diatur masalah playback. Entah video maupun audio, semuanya dapat disetel semau anda dengan amat profesional. Dukungan subtitle juga sangat baik. Cocok untuk player lokal (tidak untuk streaming). Jauh lebih baik daripada Winamp, entah dari kemampuan playback video/audio maupun efisiensi resource.
  8. Kantaris Media PlayerSebuah FMP opensource. Tampilannya cukup bagus, mendukung audio maupun video. Berukuran installer ­±8MB, sayangnya Kantaris ini masih lamban. Sulit bernavigasi antar file. Download Kantaris.
  9. MediaJukeboxInilah salah satu multimedia player terbaik. FMP ini sangat layak dipilih. Selain tampilan default yang memukau( memakai menu transparan), MediaJukebox memiliki fitur yang sangat lengkap untuk sebuah audioplayer. Dukungan terhadap playlist, langganan podcast, toko musik online (Amazon), Codec yang banyak (untuk audio sayang masih belum untuk video), dukungan downloadable skin dan plugin, kemampuan organisir yang sangat baik, sinkronisasi dengan handheld player, burn and rip CD, record sound, analyze sound untuk mengetahui BPM dan windows media manager pada advanced toolsnya. Anda akan makin dimanjakan dengan desain FMP satu ini yang memberikan kemudahan pada pengguna, sehingga tiap fitur hanya berjarak satu klik. Anda akan dengan mudah bernavigasi, melihat isi sebuah file multimedia, sinkronisasi, download podcast, import atau memutar lagu, dan semua hal lain yang pasti membuat anda betah memakainya. Ditambah lagi dokumentasi yang amat jelas, file help plus Howto yang komprehensif, dukungan forum, help online, bahkan ada Wiki-nya juga!! Semuanya dibuat dengan sangat rapi, tidak asal-asalan seperti kebanyakan software lain. FMP ini sangat menakjubkan, saya yakin anda akan lebih memilihnya daripada Winamp, karena selain fitur berlimpah dia juga hemat resource. Kemampuannya jauh mengungguli Winamp (kecuali video), dan benar-benar memanjakan pemakainya. Saya yakin anda akan seperndapat dengan saya setelah mencobanya. Download JRiver MediaJukeboxmjuk
  10. AIMPFMP yang khusus untuk audio. Mulai terkenal di indonesia, dan keberadaannya mulai menyaingi Winamp. FMP dari Rusia ini menawarkan sesuatu yang beda dari Winamp. Anda bisa menikmati tabbed playlist dengannya.jadi anda bisa menyusun beberapa playlist bersamaan. Sebagai FMP, AIMP kurang lengkap karena hanya berisi codec audio saja. Namun bagi yang cuma ingin menyetel audio di PC, AIMP adalah jawaban dari penyesalan anda menggunakan Winamp. AIMP sedikit lebih cepat daripada Winamp. Dukungan skin dan download AIMP dalam bahasa Rusia sedikit merepotkan, terutama bagi yang tidak mengenal aksara Greek samasekali (seperti saya *_*). Download saja dari Softpedia.
  11. SongbirdAudio player opensource dari Mozilla. Ditujukan untuk menggantikan audio player tradisional, namun sayang nyatanya Songbirdlah yang memiliki tampilan paling sederhana diantara semua kompetitornya. Ukuran installer ±13 MB, namun setelah diinstall memakan space ±70MB, sangat besar untuk sebuah FMP. Seperti biasa, Mozilla menambahkan fitur tabbed browsing pada Songbird. Terintegrasi sebuah browser, dan bisa subscribe podcast. Manual dan help harus online, sesuatu yang amat saya sesalkan karena saya belum punya koneksi sendiri. Tidak dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari. Download Songbird
  12. Haihaisoft Universal PlayerSebuah FMP yang cukup baik, memiliki fitur playback video maupun audio. Saya rasa titikberatnya ada pada playback video, karena codecnya disediakan cukup lengkap. Fiturnya, standar untuk FMP. Ada fitur uniknya, protect file. Memberikan DRM pada file anda, sehingga terlindung dari orang yang tidak bertanggungjawab.
  13. RealPlayerSebuah FMP yang pernah membuat saya kesal plus sebal. Lamban ketika dijalankan, dan startnya kurang singkat karena harus menghubungi server RealPlayer dahulu untuk update atau hal lain. Namun kini sepertinya pihal RealMedia sudah berimpovisasi. Skin baru yang bagus dan mengkilap membuatnya patut dicoba. Online store seperti iTunes, pencarian lagu berdasar artis, album & genre, lirik, dan banyak fitur lainnya. Codecnya cukup bagus, namun tidak saya sarankan untuk pemakaian di rumah. Penghematan resource belum dimiliki oleh RealPlayer.

Kadang fitur di sebuah software tidak ditemukan di software lain. Karena itu, jika tidak puas dengan performa sebuah FMP, cobalah install dua (atau lebih) FMP untuk saling melengkapi. Tidak disarankan untuk PC yang berspesifikasi minim. Jika anda suka memutar banyak jenis file multimedia, saya tidak menganjurkan menginstall banyak FMP khusus (misalnya FLV player) untuk masing masing file multimedia. Misalnya anda menginstall AIMP untuk memutar mp3, FLV player untuk FLV, RealPlayer untuk memutar rpm, dan dan QuickTime untuk memutar mov. Hal ini akan memberatkan Pc, jadi pasang saja yang satu untuk semua. Yang terbaik adalah memilih satu saja FMP terbaik menurut anda dan nikmati bersama keluarga atau teman anda. Kini pastilah anda sudah menemukan FMP yang paling cocok untuk anda. Ya kaaann????

0 komentar: